cool hit counter

PDM Kabupaten Jayapura - Persyarikatan Muhammadiyah

 PDM Kabupaten Jayapura
.: Home > Berita > KEJURWIL I TAPAK SUCI PAPUA - PAPUA BARAT

Homepage

KEJURWIL I TAPAK SUCI PAPUA - PAPUA BARAT

Rabu, 13-07-2011
Dibaca: 2785

Ketum PP Tapak Suci : “Kami Tunggu Kiprah Tapak Suci Papua dan Papua Barat di Kejurnas 2011”

 

Image 1


(Tampak ketum PP Tapak Suci Putera Muhammadiyah Bpk. Muchdi Purwo Pranjono, P. Br. membuka secara resmi Kejurwil I Tapak Suci Papua dan Papua Barat)


Jayapura (07/05/2011) – Ketua umum Pimpinan Pusat Tapak Suci Putera Muhammadiyah Mayjen TNI (purn) Muchdi Purwo Pranjono, P. Br. dalam sambutannya pada pembukaan Kejuaraan Wilayah I (Kejurwil-I) Tapak Suci Putera Muhammadiyah Papua dan Papua Barat memberikan semangat kepada segenap hadirin khususnya para atlit yang akan berlaga di kejuaraan tersebut untuk bisa mengukir prestasi di kancah nasional maupun internasional.

Image 2


(Para peserta dari masing-masing kontingen mempersiapkan diri sebelum pembukaan kejuaraan)


Lebih lanjut diungkapkan bahwa saat ini Tapak Suci menjadi perguruan silat yang andil besar dalam menyumbangkan prestasi di kancah nasional maupun internasional. Tentunya hal ini tidak terjadi serta-merta. Namun melalui proses dan perjuangan yang sangat besar.
Menyinggung tentang kepengurusan Tapak Suci, kembali sesepuh Tapak Suci ini mengungkap bahwa Tapak Suci adalah satu-satunya perguruan yang memiliki jenjang kepengurusan yang merata di 33 provinsi. Bukan hanya struktur yang ada, namun semua jenjang kepengurusan tersebut juga memiliki unit-unit latihan yang merata serta aktif menjalankan aktivitasnya. Hal ini patut kita syukuri dan kita banggakan. Mengingat kita sebagai ortom (Organisasi Otonom) Muhammadiyah di usia yang hampir mencapai 48 ;tahun juli mendatang bisa menyebar luas dan juga mengukir prestasi yang luar biasa. Tak kalah pentingnya Tapak Suci menjadi ujung tombak dalam menjalankan misi dakwah amar ma’ruf dan nahi munkar.

Image 3


(Tampak undangan para sesepuh Muhammadiyah serta delegasi IPSI Daerah serta Cabang Jayapura)


Hal ini memang sesuai dengan di lapangan. Di Papua dan Papua Barat misalnya, meski pun daerah ini merupakan daerah yang berada di ujung timur namun justru memiliki aktivitas serta sinergitas gerakan yang signifikan. Hingga saat ini jumlah siswa dan kader serta pendekar tercatat mencapai kisaran 800an orang.
Angka di atas berasal dari Pimda yang aktif hingga saat ini, yakni : Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Keerom (Kab. Pemekaran), Kabupaten Merauke, Kabupaten Nabire, Kabupaten Fak-fak, Kota Sorong, Kabupaten Sorong, Kabupaten Kaimana, serta Kabupaten Teluk Bintuni.
Dalam kejuaraan wilayah ini hampir seluruh Pimda mengikuti perhelatan akbar di tingkat provinsi tersebut. Hanya Pimda Kaimana serta Kabupaten Teluk Bintuni yang absen dikarenakan sesuatu dan lain hal.
Sebelumnya Suwito,M.Si.K.Ma. selaku ketua Panpel kejuaraan memaparkan bahwasannya kegiatan tersebut sebagai langkah persiapan dalam menyambut ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Tapak Suci Putera Muhammadiyah Tahun 2011 juli mendatang. Selain itu juga disampaikan bahwa kegiatan Kejurwil I 2011 Papua dan Papua Barat diikuti oleh 76 orang pesilat. Di mana seluruhnya akan dipertandingkan di kelas remaja dan dewasa. Dan berdasarkan hasil technical meeting sesaat sebelum pembukaan akan dilalui dengan 92 partai pertandingan. Jika melihat jumlah peserta dan partai pertandingan tersebut maka kegiatan akan berlangsung hingga hari selasa (10/05/2011).
Di akhir sambutannya Ketua Umum Pimpinan Pusat Tapak Suci Putera Muhammadiyah Mayjen TNI (purn) Muchdi Purwo Pranjono, P. Br member i semangat dan menanti ukiran prestasi para pesilat dari Papua dan Papua Barat. “Selamat bertemu di Kejurnas 2011, selamat mengukir prestasi untuk tanah Papua. Meski banyak kekurangan fasilitas, sumber daya serta pengalaman namun jangan patah semangat. Kami tunggu prestasi pesilat Papua dan Papua Barat” demikian beliau mengobarkan semangat pesilat yang selanjutnya diaminkan pesilat serta dibalas dengan tepuk tangan yang meramaikan suasana.
Selanjutnya pada sesi istirahat hadirin dihibur dengan beberapa atraksi dari pesilat Tapak Suci yang memeragakan jurus tunggal baku, jurus kipas serta penggunaan senjata celurit. Dan dilengkapi dengan dua partai pertandingan yang terlihat seru serta memeriahkan suasana pembukaan.


Image 4


(Tampak atraksi para pesilat serta dua partai pertandingan usai pembukaan yang disaksikan langsung oleh Ketum PP Tapak Suci)


Tags:
facebook twitter delicious digg print pdf doc Kategori:



Arsip Berita

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website